Kamis, 16 Mei 2013

Edet Pitu Ruang Rumah Adat Aceh

Edet Pitu Ruang Rumah Adat Aceh
Edet Pitu Ruang Rumah Adat Aceh. Membahas tentang kebudayaan Tanah Air Indonesia memang selalu menyenangkan terutama jika menyimak sejarah serta rumah adat tertentu. Dan pada kesempatan ini Rumah Adat Aceh Edet Pitu Ruang akan menjadi topik bahasannya. So pasti semoga artikel berikut paling tidak bisa menambah sedikit wawasan kita seperti halnya artikel mengenai Rumah Adat Kebaya Betawi Jakarta sebelumnya. Umah Edet Pitu Ruang tersebut merupakan hasil karya asli peninggalan sejarah Gayo, Aceh pada masa Raje Baluntara alias Jalaluddin. Pengen tau informasi secara lebih detail lagi? Silahkan dilanjut kalo gitu bacanya.

Jenis Rumah Adat Aceh Edet Pitu Ruang itu dapat banyak ditemukan pada sebuah kampung pinggiran Danau Lut Tawar lebih tepatnya Kampung Toweren, Kecamatan Laut Tawar Aceh Tengah. Pembuatan dari rumah tersebut pun cukup unik karena dibikinnya pake kayu pilihan dengan 27 tiang penyangga tanpa paku. Jadi penyangganya itu dipasak pake kayu dimana diameternya berukuran kurang lebih satu genggam. Bentuk ukirannya pun sangat variatif alias bermacam-macam ada yang berbentuk hewan serta berbentuk seni kerawang Gayo dipahat khusus kerawang Gayo. Walaupun tidak mengunakan paku tapi kekuatan rumah adat pitu ruang tersebut sangatlah kuat apalagi bahan kayu yang sangat bermutu pada zaman duhulu. So pasti tampilannya sama uniknya dengan Rumah Adat Bali yang terjelaskan diartikel lalu.

Bentuk umah edet pitu ruang adalah rumah panggung dengan lima anak tangga, menghadap utara yang di dalamnya terdapat empat buah kamar dan ada dua lepo atau ruang bebas di arah timur dan barat. Umah edet pitu ruang memiliki luas panjang 9 meter dan lebar 12 meter. Pada bagian belakang lainnya dulu dulu ada rumah dapur di bagian Selatan yang ukurannya sama dengan ruang utama yang berukuran 9 x 12. Ruangan dimaksud telah hancur. Selain itu, juga ada mersah, kolam dan roda, alat penumbuk padi dengan kekuatan air yang semuanya juga sudah musnah. Hampir semua bagian sisi umah edet pitu ruang dipakai ukiran kerawang yang dipahat, dengan berbagai motif seperti puter tali ada juga bentuk ayam dan ikan yang melambangkan kemuliaan dan kesejahteraan bentuk naga merupakan lambang kekuatan, kekuasaan dan kharisma.
thumbnail
Judul: Edet Pitu Ruang Rumah Adat Aceh
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Aneka :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz