Sabtu, 10 Mei 2014

Dampak Positif & Negatif dari Pengguna Twitter di Indonesia


Saat ini media jejaring sosial sering kita gunakan untuk berkomunikasi dan kita manfaatkan untuk berbagai tujuan, seperti menemukan teman lama, menambah teman baru, membuat suatu komunitas dengan orang-orang di berbagai daerah bahkan dengan berbagai negara ada pula yang memanfaatkannya sebagai media bisnis online.
   
Twitter digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya tentang informasi, media sosialisasi dan promosi, tetapi kadang penggunaannya disalahgunakan untuk menyerang seseorang melalui “kicauannya” di twitter. Sehingga twitter memiliki dampak positif dan negatif untuk masyarakat.

Dampak Positif


1.Menambah teman kita (memperluas pergaulan)
2.Media informasi
Mendapatkan informasi yang terbaru dan terkini, maksudnya kita akan mendapatkan sebuah informasi yang terbaru dan terkini dari twitter, jadinya kita tidak ketinggalan berita. contoh yang pernah dialami oleh saya. ketika presiden AS Barack Obama ke UI, 5 jam sebelum kedatangan presiden as itu jalan margonda  di sterilkan dari kendaraan, nah berita disterilkan ini saya dapatkan dari twitter, sehingga saya bisa memutar jalan menuju kampus supaya tidak melewati jalan margonda ini.
3. Bisa Memata-matai aktivitas teman,idola kita. maksudnya kita dapat mengetahui apa yang dilakukan oleh teman /idola kita dengan melihat status mereka. nah loh, ketahuan ya pada memata-matai temannya.hehe
4. Twitter bisa sebagai tempat bisnis dan promosi. bila kita wirausahawan kita dapat menjadikan jejaring sosial ini sebagai media iklan usaha.
5. Meraih ketenaran dan populer. maksudnya disini kita akan menjadi tenar ditwitter dan diketahui diseluruh dunia. contohnya shinta dan jojo yang terkenal akibat video keong racun.
6. menjaga hubungan teman dengan teman lama sehingga tidak putus kontak.
dan masih banyak lagi.
7. Sebagai alat komunikasi jarak jauh
8. Meraih kepopuleran

Dampak Negatif


1. Membuat Kecanduan. ini dampak negatif yang terjadi dari twitter sehingga orang akan menghabiskan waktunya buat ngetweets dan melupakan tugas di kehidupannya. contoh bisa lupa mengerjakan tugas di kampus karena keseringan ngetweets
2.  Membuat Malas. maksudnya dapat membuat orang tidak melakukan kegiatannya.
3.  Menghabiskan waktu.
dampak negatif diatas dapat diatasi dengan cara mengurangi waktu bermain twitter.  sehingga kita tidak menjadi kecanduan di kehidupan
4. Menjadi pemicu konflik antar pengguna account
5. Membatasi pertemuan tatap muka.
6. Boros uang
Namun jika kita melihat dari dampak psikologis jejaring sosial tersebut, hal itu juga kurang baik bagi para penggunanya. Rata-rata anak SD yang suka bermain facebook sebenarnya karna ingin bermain games melalui facebook. Karena sekarang banyak sekali games online yang dapat menghasilkan uang bagi mereka yang memainkannya. Sehingga, itu dapat membuat anak-anak ini tertarik untuk mencoba, dan setelah mereka berhasil lalu kemudian mereka mendapatkan uang, mereka akan cenderung untuk bermain games tersebut. lagi lagi dan lagi.
7. Mengganggu konsentrasi belajar
Dan jika paginya mereka harus tetap bersekolah, secara otomatis waktu belajarnya juga akan terganggu. Bayangkan saja, mereka yang tidak tidur semalaman pasti akan merasa ngantuk dan tentunya itu akan membuat mereka mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru-guru mereka. Dan tak jarang anak-anak sekolah ini rela bolos sekolah dan menggunakan uang jajan mereka untuk bermain games di warnet. Kalau sudah begini, orang tua juga harus ikut andil dalam membimbing si anak.


Jadi, penggunaan twitter dalam masyarakat memiliki dampak baik dan buruk. Sehingga kita sebagai masyarakat pengguna jejaring sosial seperti twitter harus bisa mengendalikan diri dalam penggunaannya dan bisa memanfaatkan teknologi yang ada itu secara baik dan benar


Dikutip dari berbagai sumber
thumbnail
Judul: Dampak Positif & Negatif dari Pengguna Twitter di Indonesia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait psikologi sosial :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz