Kamis, 25 Desember 2014

PERUT BUNCIT BERBAHAYA DARI BADAN GEMUK RATA


PERUT BUNCIT LEBIH BERBAHAYA DARI PADA
BADAN GEMUK RATA
 
BAGI ANDA YANG PUNYA PERUT BUNCIT, SERING-2 LAH CEK KESEHATAN:
 
Orang-orang dengan berat badan normal namun memiliki lemak perut alias perut buncit berisiko meninggal lebih tinggi akibat penyakit jantung daripada orang-orang yang mengalami obesitas dengan kegemukan yang rata.

"Studi  menunjukkan jika indeks massa tubuh (BMI) seseorang normal bukan berarti risiko terkena serangan jantungnya rendah. Jangan salah, hal ini justru bergantung pada distribusi lemak di dalam tubuhnya," Kata salah satu Peneliti Dr. Fransisco Lopez-Jimenez, seorang pakar kardiologi dari Mayo Clinic di Rochester, Minn.

Setelah mengamati 12.785 orang dewasa di AS selama 14 tahun, peneliti menemukan bahwa dalam kurun waktu itu diketahui ada 2.562 partisipan yang meninggal dunia, 1.138 diantaranya akibat penyakit jantung.

Partisipan terbagi ke dalam 6 kelompok berdasarkan tiga kelompok BMI yang telah ditentukan peneliti yaitu :
  • Normal (18,5 sampai 24,9),
  • kelebihan berat badan (25 sampai 29,9) dan
  • obesitas (di atas 30).

Selain itu, partisipan juga diukur rasio lingkar pinggang dan pinggulnya untuk mengetahui jumlah lemak visceral atau lemak yang berada di seputar organ perutnya itu.

Bagi partisipan pria yang ukuran lingkar pinggangnya 90 persen lebih besar daripada ukuran pinggulnya maka peneliti menganggap rasio lingkar pinggang dan pinggulnya tinggi.

Kondisi ini juga berlaku bagi wanita; jika ukuran lingkar pinggarnya 85 persen lebih besar dari ukuran pinggulnya maka partisipan dianggap memiliki rasio lingkar pinggang dan pinggul yang tinggi.

Dari situ peneliti dapat menyimpulkan bahwa partisipan yang BMI-nya normal tapi rasio lingkar pinggang dan pinggulnya tinggi berisiko lebih tinggi untuk meninggal akibat penyakit jantung.

Bahkan jika penyebabnya bukanlah penyakit jantung atau penyakit lain, risiko kematiannya tetaplah yang tertinggi diantara keenam kelompok partisipan.

Risiko kematian akibat penyakit kardiovaskularnya 2,75 lebih tinggi dan risiko kematian akibat penyebab lainnya 2,08 lebih tinggi pada orang berberat badan normal tapi memiliki lemak perut, dibandingkan orang berberat badan normal dengan rasio lingkar pinggang dan pinggul yang normal juga.

"Tingginya risiko kematian akibat akumulasi lemak visceral dalam kelompok ini karena kondisi ini memunculkan resistensi insulin (RI) sehingga tubuh tak mampu mengelola lemak dengan baik," Kata Peneliti lainnya, Dr. Karine Sahakyan seperti dilansir dari today, Selasa (28/8/2012).
 
Emoga Bermanfaat...!

Sumber: Redaksi Topiklanku


thumbnail
Judul: PERUT BUNCIT BERBAHAYA DARI BADAN GEMUK RATA
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz